Anda tidak boleh melewatkan Little India, sebuah distrik yang tak kalah sibuk di Singapura. Banyak hal yang bisa Anda jelajahi disini. Tawar menawar dan makan bersama adalah hal biasa yang akan Anda lihat di gang-gang atau pinggir jalan Little India.

Jalanan di Little India diberi nama berdasarkan nama penduduknya di abad ke-19: Dunlop Street – untuk keluarga Eropa, Belilios Lane – untuk importir ternak I.R Belilios, dan Campbell Lane – untuk tentara Inggris Sir Colin Campbell.

Little India saat ini merupakan salah satu distrik paling ramai di Singapura. Pada tahun 1840-an, alasan utama orang-orang Eropa tinggal di sini adalah untuk sebuah pacuan kudanya, dimana merupakan tempat mereka bertemu dan berbaur. Ketika perdagangan ternak semakin maju, hal itu menjadi perdagangan utama untuk sebagian besar orang-orang India – pedagang-pedagang tersebut mempekerjakan pekerja migran India.

Kuliner

Ada banyak sajian makanan dan minuman yang wajib Anda coba, diantaranya ada Roti Prata dan Teh Tarik! Jangan lewatkan aksi saat membuat Teh Tarik yang fenomenal di depan mata Anda. Anda juga bisa mencari makanan vegeta, yaitu Tandoori. Tentu, untuk variasi lain Anda bisa mengunjungi Hawker Center mereka yang terkenal, yaitu Tekka Center. Hawker Center yang sebelumnya dinamai “Kandang Kerbau” ini terletak tepat diatas stasiun MRT Little India (60 Bukit Timah Road), jadi sangat mudah untuk menjangkau tempatnya. Untuk Anda yang muslim, bisa mencoba Dum Briyani (nasi berbumbu India dengan daging dan sayuran) dan Indian Rojak. Kunjungan ke Hawker Center ini adalah cara yang tepat untuk menyicipi Little India di atas sebuah piring.

Belanja

Selain wisata kuliner, jangan lupa berbelanja. Ada banyak pusat perbelanjaan, salah satunya Mustafa Centre yang buka 24 jam. Toko ini menawarkan segala barang – mulai dari elektronik sampai bahan makanan. Anda bisa membeli oleh-oleh cokelat disini dengan harga murah! Di Little India juga banyak toko emas dan toko sari jika Anda ingin membelinya. Little India Arcade juga bisa Anda kunjungi untuk mencari pernak-pernik, perhiasan imitasi, dan souvenir misalnya, manisan India.

Wisata

Tentu diantara belanja dan kuliner, Anda harus ikut meresapi budayanya agar lebih merasakan atmosfernya. Kami menyarankan Anda untuk mampir sebentar ke Sri Veeramakaliamman Temple. Anda bisa berkunjung selama Deepvali berlangsung (Oktober-November, tahun ini puncaknya jatuh pada 6 November 2018). Deepvali merupakan acara tahunan umat Hindu untuk merayakan kemenangan cahaya atas kegelapan yang berarti kemenangan kebaikan atas kejahatan. Anda akan melihat banyak warna-warna cerah dari cahaya-cahaya dari lampu di jalan serta aroma dupa dan bunga. Anda juga bisa berkunjung pada awal tahun (pertengahan bulan Januari) pada perayaan Pongal.

Tempat instagrammable juga banyak di Little India. Salah satunya adalah Tan Teng Niah Residence yang berada di Kerbau Road. Menyuguhkan warna-warna yang mencolok mulai dari pintu, jendela, hingga dindingnya. Bangunan berwarna ini adalah hasil pekerjaan restorasi di tahun 1980-an dan merupakan rumah Cina terakhir yang masih bertahan di Little India. Hanya butuh satu menit dari MRT Little India, dan Anda bisa menginjakan kaki di sana.

Anda juga bisa menemukan banyak coretan mural di jalan dan gang-gang di Little India. Mulai dari Kerbau Road saat anda keluar dari Little India MRT Station, Anda akan melihat sebuah lukisan bergambar sapi yang akan menarik perhatian Anda. Selanjutnya di Hindoo Road, Anda akan menemukan mural Rajinikanth, seorang superstar India yang sangat dihormati. Di dinding sekitar Dunlop Street ada paduan warna yang menggambarkan penari India dan di Clive Street Anda akan menemukan gambar mural wanita memakai dupatta (syal tradisional India). Jangan lupakan mural bertajuk Kathaka di Serangoon Road, menampilkan penari tradisional India dari berbagai bentuk tarian, seperti Kathakali, Bharatanatyam, Odissi dan Dandiya Rass yang memakai kostum cerah serta menceritakan kisah-kisah tradisional.

Luangkan satu hari Anda saat berada di Singapura untuk menjelajahi distrik sibuk ini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *