Hiking, bersepeda, jogging, birdwatching, hingga memancing menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi pecinta alam. Singapura bukan hanya seputar wahana atraksi, pusat perbelanjaan, dan cafe estetik. Jelajah lebih jauh ruang hijau terbuka di Singapura, dan kagumi keindahan alamnya!

Sungei Buloh Wetland Reserve

Lihatlah secara dekat lobster lumpur, kepiting, dan biawak saat Anda berjalan di sepanjang boardwalk sepanjang 500 meter dari rawa bakau di Sungei Buloh Wetland Reserve. Boardwalk akan membawa Anda ke Wetland Center. Ubah pandangan Anda ke langit saat Anda menuju Migratory Bird Trail, hanya dengan berjalan kaki singkat.

Just Go Shoot | @fnichh
Just Go Shoot | @fnichh

Di sepanjang jalan setapak, Anda dapat dengan tenang mengamati burung migran seperti Common Redshank dan Pacific Golden Plover dari bulan September hingga Maret! Juga ada jalan-jalan dengan tur pemandu gratis hanya untuk 20 orang setiap hari Sabtu pukul 9.30 (dengan registrasi 2 minnggu sebelumnya).

Exploring the nature | @ohsnapjames
Exploring the nature | @ohsnapjames

How to get there: Naik Kranji Express yang beroperasi setiap hari mulai dari jam 8.30 pagi dan berakhir pada jam 5.45 sore dari Stasiun MRT Kranji.

301 Neo Tiew Crescent – Setiap hari, 07.00-19.00

Webiste Resmi: NParks

Chek Jawa Wetlands

Terselip di sudut Pulau Ubin – sebuah pulau di lepas pantai Singapura – Anda perlu naik feri untuk sampai ke tempat indah di Singapura ini. Dari Ubin Jetty, hanya 40 menit berjalan kaki ke Chek Jawa. Atau Anda dapat menyewa mobil van atau menyewa sepeda dari desa utama untuk perjalanan yang lebih cepat. Babi hutan atau kera ekor panjang sesekali berkeliaran di area ini.

Check Jawa Wetlands, Pulau Ubin
Check Jawa Wetlands, Pulau Ubin | @hachris84
One Way to Check Jawa Wetland
One Way to Check Jawa Wetland

Boardwalk sepanjang 1,1 kilometer di sepanjang pantai adalah cara yang menyenangkan untuk melihat tanaman dan kehidupan laut yang kaya, sementara menara pengawas yang terletak di pintu masuk hutan bakau – Jejawi Tower – setinggi 21 meter bisa dinaiki untuk mengamati burung seperti Collared Kingfisher dan Straw-headed Bulbul.

Tersedia tur berpemandu di tempat indah di singapura ini, sementara informasi pendidikan tentang Chek Jawa dapat ditemukan di Visitor Centre.

How to get there: Menuju Pulau Ubin hanya 10 menit dengan bumboat dari Changi Point Ferry Terminal di Changi Village, dekat dengan Changi Village Food Centre. Naik Bus no.2 ke Changi Village dan jalan ke Changi Point Ferry Terminal.

Pulau Ubin, Setiap hari 8.30 – 18.00

Website Resmi: NParks

Fort Canning Park

Ini merupakan sebuah bukit kecil dengan tinggi sekitar 48 meter di bagian tenggara Singapura. Daerah ini dulunya adalah rumah bagi bangsawan Melayu, dan juga di mana Sir Stamford Raffles membangun rumah pertamanya, yang akhirnya menjadi tempat tinggal bagi para gubernur. Temukan bangunan terkenal seperti meriam seberat sembilan pon yang berasal dari abad ke-19; batu nisan yang menandai situs pemakaman Kristen pertama di Singapura; dan Fort Gate, sisa benteng yang dibangun di atas bukit ini.

Fort Gate | @bibianaaaaainez
Fort Gate | @bibianaaaaainez

Untuk sepotong sejarah Singapura yang penting, pergilah ke Battlebox — sebuah bunker yang merupakan pusat komando bawah tanah Inggris selama Perang Dunia II. Ikuti tur berpemandu harian gratis (sesuai jadwal di situs resmi)! Bertempat di pusat Singapura, bukit ini mengarah ke area perbelanjaan terkenal Orchard Road, sedangkan National Museum berada di belakangnya.

How to get there: Naik MRT, turun di Fort Canning Station (Exit B), Clarke Quay Station (Exit E) or Dhoby Ghaut Station (Exit B)

Berbatasan dengan Hill Street, Canning Rise, Clemenceau Avenue, dan River Valley Road

Setiap hari, 07.00-19.00

Website Resmi: NParks

Labrador Nature Reserve

Pelajari lebih lanjut tentang sejarah masa lalu dan maritim kolonial Singapura saat Anda melakukan perjalanan ke Labrador Nature Reserve. Anda dapat menyaksikan sisa-sisa Perang Dunia II, misalnya benteng asli Perang Dunia II yang kini dikelilingi oleh hutan. Bila Anda senang berolahraga, pusat kebugaran dan jalur jogging yang mengelilingi cagar alam ini juga menawarkan rute yang indah. Jelajah alam ini juga meliputi Alexandra Garden Trail, Berlayer Creek mangrove trail, dan Bukit Chermin Boardwalk.

Catching Sunset
Catching Sunset

Labrador Park di Singapura adalah salah satu taman yang terhubung dengan Southern Ridges. Untuk keselamatan publik, the Casemate and the Rocky Shore sudah ditutup. Acara keluarga jauh lebih menyenangkan di sekitar barbecue pits. Anda dapat memesan tempat barbekyu di Labrador Nature Reserve. Untuk penggemar memancing, berbagai jenis ikan dapat ditangkap di sepanjang garis pantai promenade.

How to get there: Turun di Labrador Park MRT station

Labrador Villa Road, buka 24 jam setiap sehari.

Website Resmi: NParks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *