Kali ini, kami mewawancarai seorang wanita karir yang sukses asal Jakarta yang telah tinggal di Singapura 14 tahun dan bekerja sebagai penasihat keuangan di sebuah perusahaan financial terkenal. Namanya Yulys Ng, keturunan Tionghoa Indonesia, asal Pontianak. Beliau mendalami studi di bidang akuntansi di Jakarta dan melanjutkan gelar masternya di bidang International Business Administration di Inggris. Dulu beliau bekerja untuk DBS Singapore kemudian pindah ke UOB Singapore sebagai mortgage specialist, kemudian jabatan terakhirnya adalah penasihat klien / relationship manager (RM) di UOB Privilege Banking.

Dia ahli menangani HNW (High Net Worth individuals) dari Indonesia. Keahliannya meliputi nasihat tentang asuransi jiwa (perlindungan untuk kematian / penyakit kritis), perencanaan warisan /legacy, perencanaan tabungan / pendidikan, perencanaan pensiunan, asuransi kesehatan, berbagai produk investasi, kredit premium, kredit rumah, dan properti di Singapura.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang kami ajukan kepada Yulys terkait dengan
pekerjaannya saat ini sebagai penasehat keuangan di Singapura:

Mengapa mendapatkan asuransi jiwa sangat penting belakangan ini?

Sebagian besar, tidak ada orang yang akan bangun di pagi hari dan berkata,& Hari ini, saya akan membeli asuransi jiwa . Saya perlu menjelaskan perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, karena banyak orang Indonesia bingung tentang hal ini dan mereka selalu berpikir bahwa memiliki asuransi kesehatan sudah cukup.

Asuransi jiwa berguna untuk melindungi Anda terhadap kematian / penyakit terminal, penyakit kritis awal / penyakit kritis, cacat permanen total. Jika peristiwa yang tidak menguntungkan tersebut terjadi, kita dapat menggunakan uang pertanggungan asuransi untuk terus hidup walau tanpa penghasilan dan Anda bisa hidup berkecukupan seperti saat ini hingga minimal 80 tahun. Sementara itu, asuransi kesehatan hanya bisa berguna untuk menutup semua biaya medis jika kita sakit dan perlu dirawat (rawat inap atau rawat jalan).

Bertanyalah pada diri sendiri:

“Kehidupan seperti apa yang ingin Anda berikan kepada keluarga, jika sesuatu yang tidak terduga terjadi pada Anda?” (terutama penyakit kritis / critical illness)

“Kesehatan adalah kekayaan. Jika Anda memiliki kesehatan yang baik; Anda akan menciptakan kekayaan. Tetapi jika Anda tidak memiliki kesehatan yang baik; siapa yang menciptakan kekayaan untuk keluarga Anda?”

Saya tinggal di Indonesia. Apakah lebih baik bagi saya untuk mendapatkan asuransi jiwa di Indonesia atau Singapura?

Secara umum, apa yang bisa saya katakan adalah itu tergantung pada situasi keuangan Anda, karena akan melibatkan beberapa pertimbangan. Orang yang memiliki aset (properti dengan kredit rumah, mobil, dll) dan bisnis serta rekening bank di Singapura akan lebih baik memiliki asuransi jiwa di Singapura, karena asuransi akan diperlukan untuk menutup kewajiban dalam mata uang yang sama untuk menghindari risiko mata uang, serta untuk menumbuhkan investasi di negara yang sama untuk mengurangi risiko negara.

Sebaliknya, orang tanpa aset, bisnis atau rekening bank, bisa memiliki pilihan dan mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi di Singapore karena faktor diversifikasi dan investasi dalam mata uang yang nilainya tinggi dan stabil.

Apa pro dan kontra dari mengambil pilihan polis asuransi jiwa di Singapura?

Saya ingin menjelaskan bahwa industri keuangan Singapura (perbankan dan asuransi) sangat diatur oleh MAS (Monetary Authority of Singapore) dengan Undang-Undang Asuransi, itu berarti semua klien dilindungi oleh pemerintah Singapura.

Di Singapore, penasihat keuangan diwajibkan untuk minimal lulus 4 sertifikasi dan bergabung dengan pelatihan perusahaan selama 2 bulan, sebelum bisa mulai kerja. Saya bisa mengatakan dengan percaya diri, penasihat keuangan di Singapura itu bijaksana dan teregulasi, serta terlatih.

Saya bisa mengatakan kalau kita berinvestasi / membeli polis asuransi di Singapore bisa menjanjikan hasil investasi yang lebih menguntungkan. Saya telah bekerja dan tinggal di Singapura sejak 2004, saat itu SGD / IDR hanya Rp.5.000, sekarang setelah 14 tahun adalah Rp.10.800. Jadi berapa rupiah yang terdepresiasi? Ini adalah 116% dalam jangka waktu 14 tahun. Jadi, berapa banyak profit yang telah Anda hasilkan jika anda membeli polis asuransi th 2004-2018? Anda akan mendapatkan 116% dari nilai kenaikan mata uang (jika dihitung dalam IDR) ditambah lagi total manfaat dari nilai jatuh tempo (return on investment). Mungkin, Anda akan berkata, sekarang sudah terlambat bahwa mata uangnya sudah terlalu tinggi? Itu tidak benar, karena tingkat inflasi Indonesia tidak lebih rendah dari sebelumnya, tetapi inflasi Singapura jauh lebih rendah sekarang ini. Tingkat Inflasi Inti di Singapura rata-rata 1,43% dari 2009-2018. Berarti nilai mata uang Singapore tetap tinggi di masa depan.

Namun, saya akan mengatakan mungkin agak merepotkan bagi klien Indonesia untuk membeli asuransi di sini karena mereka perlu menghabiskan waktu dan uang untuk terbang ke Singapura untuk menandatangani form aplikasi dan lakukan pemeriksaan kesehatan.

Masalah umum lainnya yang saya dengar adalah bahwa orang Indonesia mungkin tidak mengerti dengan aturan dan peraturan serta jenis asuransi di Singapura. Saya bisa membantu klien Indonesia dalam hal ini dan memberikan solusi yang tepat. Saya orang yang layak dipercaya dan memiliki hubungan yang baik dengan klien-klien saya.

Jika saya sudah memiliki asuransi jiwa di Indonesia, apakah ada alasan bagi saya untuk membeli asuransi lagi di Singapura?

Ya tentu saja. Saya menasehatkan orang Indonesia untuk melakukan diversifikasi investasi dan portofolio asuransi mereka di Singapura dalam rangka diversifikasi aset dan risiko. "Jangan menaruh telur Anda dalam satu keranjang". Anda perlu melakukan diversifikasi dana ke berbagai negara, mata uang yang berbeda, perusahaan asuransi yang berbeda, berbagai jenis asuransi dan berbagai jenis produk investasi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai rencana asuransi di Singapura, Anda bisa menghubungi Yulys Ng, seorang spesialis asuransi ternama di nomor +62 857 78111876 (whatsapp) or email yulys@protonmail.com.

Yulys memiliki pengalaman yang baik dalam bekerja dengan klien Indonesia dan mancanegara.

Insert your email below if you want Yulys Ng to connect with you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *