Bagi sebagian besar wisatawan, Singapura adalah surganya tempat rekreasi maupun berbelanja. Tahukah Anda bahwa Singapura juga bisa menjadi surga bagi para pecinta buku? Ya, di sini Anda akan menemukan berbagai macam toko buku mulai dari toko buku besar hingga independen (indie). Kali ini kami memilih tujuh toko buku independen yang bisa menjadi refrensi untuk menambah koleksi baru di rak buku Anda.

BooksActually

BooksActually merupakan toko buku indie yang paling populer diantara toko buku lainnya. Bahkan, sudah terkenal di kancah sastra Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia. Koleksi buku dari karya penulis Haruki Murakami, J.D. Salinger, Capote, Nabokov, dan Sweeney dapat ditemukan dengan mudah di sini. Tidak hanya menjual buku-buku, toko yang sudah berdiri sejak tahun 2005 ini juga menerbitkan buku hasil kolaborasi dengan penulis lokal dan seniman Singapura. Berbagai macam peralatan tulis dan aksesoris yang mereka buat sendiri juga tersedia di sini dengan menggunakan brand bernama Birds & Co. Jangan lupa untuk mampir ke daerah bagian belakang toko ini. Sebab, akan ada harta karun bagi Anda penggemar pernak-pernik vintage! Situs web resmi.

9 Yong Siak Street

Basheer Graphic Books

Dari namanya saja, Anda pasti sudah dapat menebak koleksi buku yang ada di toko ini. Ya, koleksi buku di Basheer Graphic Books memang bersifat lebih spesifik karena mereka hanya menjual buku-buku yang berhubungan dengan desain, seperti kartun, animasi, arsitektur, interior desain, ilustrasi, tipografi, desain produk, hingga fashion. Maka tidak heran jika toko buku ini sudah sangat populer dikalangan mahasiswa desain maupun para penggiat seni untuk mencari ide dan inspirasi. Jika Anda kebingungan untuk memilih buku, para pegawai di Basheer Graphic Books akan selalu siap merekomendasikan judul-judul buku yang cocok untuk Anda. Bersiaplah dengan bawaan buku baru yang menggunung sepulang dari toko buku ini. Situs web resmi.

231 Bain Street, Bras Basah Complex #04-19

Littered with Books

Terselip di antara restoran dan kafe populer di kawasan Duxton menjadikan toko buku ini tempat yang sempurna untuk dikunjungi setelah mengisi perut. Toko buku kecil bertingkat dua ini memiliki beragam koleksi buku, mulai dari non-fiksi, fantasi, klasik, buku anak, hingga buku resep masakan. Littered with Books juga dikenal sebagai toko buku dengan tingkat penyeleksiannya yang teliti sehingga koleksi judul buku yang ada di sini terbilang unik. Hal unik lainnya adalah sang pemilik toko buku suka menulis ulasan singkat dari beberapa buku yang telah dibaca dan ditempelkan pada rak untuk menarik perhatian pengunjung.  Situs web resmi.

20 Duxton Road

Woods in The Books

Hanya beberapa langkah dari BooksActually, Anda akan menemukan toko buku penting lainnya di Singapura, yaitu Woods in The Books. Ketika Anda mengunjungi toko buku ini, jiwa anak-anak Anda serasa dihidupkan kembali melalui berbagai presentasi visual dan ilustrasi khas buku anak-anak yang menghiasi toko ini. Kebanyakan buku yang dijual di sini memang merupakan buku anak-anak tetapi bukan berati orang dewasa tidak dapat mendapatkan koleksi yang diincar. Koleksi buku klasik dari berbagai judul dan penulis dunia juga tersedia di sini. Beberapa buku yang dijual oleh Woods In The Books juga merupakan buku cerita yang ditulis oleh penulis setempat, seperti Seri Sherlock Sam dan Bobo Cha Cha. Toko buku ini juga sering mengadakan workshop seni untuk anak-anak sehingga cocok bagi Anda yang ingin menanamkan rasa seni dan sastra kepada anak Anda. Situs web resmi.

3 Yong Siak Street

Select Books

Bagi para pecinta budaya dan sejarah Asia Tenggara, Select Books wajib dimasukkan dalam daftar toko buku yang harus dikunjungi di Singapura. Sebab, toko buku ini menawarkan koleksi buku mengenai iklim politik Singapura hingga budaya Malaysia. Beberapa judul buku yang bisa Anda temukan di sini adalah Imperial China and Its Southern Neighbours dan Singapore’s Heritage Through Places of Historical Street. Select Books juga sudah diakui secara internasional sebagai toko buku yang mengkhususkan diri dengan judul yang berkaitan dengan kawasan Asia Tenggara. Selain menjual buku, toko ini juga sering mengadakan peretemuan kelompok baca untuk mempromosikan pentingnya budaya Asia Tenggara. Situs web resmi.

65 Jalan Tantaram, St Michael’s Industrial Estate #02-06

Gohd Books

Tidak ada toko buku terbaik selain Gohd Books, di mana Anda akan menemukan koleksi buku yang jarang dijual di tempat lain. Buku-buku langka seperti kumpulan puisi Lord Byron dari tahun 1800-an atau buku Codex Madrid karya Da Vinci bisa dengan mudah Anda temukan di toko yang resmi dibuka tahun 2009 silam ini. Keuntungan lainnya, toko buku ini juga menerima permintaan buku yang Anda inginkan melalui situs resminya. Jangan lewatkan kembali kesempatan untuk menambah koleksi buku langka Anda! Situs web resmi.

175 Bencoolen Street, Burlington Square #01-37

Comics World

Para penggila komik tentu saja akan menyukai toko buku yang satu ini. Toko buku yang terselip di tengah keriuhan pusat perbelanjaan Park Lane ini menjual beragam koleksi komik, seperti komik superhero Marvel dan DC. Sayangnya, ukuran toko buku ini tidak terlalu luas sehingga Anda kurang leluasa jika ingin melihat-melihat koleksi di sini dengan waktu yang lama. Sebelum memutuskan untuk mengunjungi toko ini, sebaiknya Anda sudah mengetahui terlebih dahulu komik yang akan Anda pilih. Jadi, setibanya di toko ini, Anda dapat langsung mengambil komik, membayarnya, lalu pergi dan menikmati di mana pun Anda berada. Situs web resmi.

35 Selegie Road, Park Lane Shopping Mall, #B1-22

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *