Setiap jalan pasti memiliki arti entah itu nama orang yang membangun jalan itu ataupun karena ciri khas yang ada di jalan itu. Begitu pula tempat-tempat indah di Singapura juga memiliki nama jalan yang menarik! Sehingga nanti jika kalian ke Singapura dan lewat jalan ini, kalian bisa teringat akan artinya.

Orchard Road

Tahukah kalian sebelum Orchard Road menjadi pusat belanja di Singapura, dulunya jalan ini adalah tempat perkebunan! Pada 1800-an, jalan ini merupakan perkebunan merica, pala dan buah-buahan. Lalu pada tahun 1830-an baru dibuatlah jalanan disini tetapi disamping-sampingnya masih merupakan perkebunan.

Orchard Road Singapore
Credit: flickr

Bugis Street

Ternyata dahulu, pedagang dan pelaut Bugis dari Indonesia berkumpul disini! Mereka membawa rempah-rempah dan emas lalu menetap di Singapura yang dahulu bernama Temasek. Lalu mereka membuat komunitas orang-orang Bugis yang dinamai Kampung Bugis.

Bugis Street Singapore
credit: flickr

Sentosa

Kata sentosa berasal dari bahasa sansekerta ‘Santhosa’ yang berarti aman, tentram dan sejahtera.

Sentosa Island
credit: unsplash

Pasir panjang

Dari bahasa Melayu ‘Passir Panjang’, nama ini muncul karena terdapat pantai yang berpasir panjang di sepanjang pesisir daerah ini.

Selain Pasir Panjang, orang-orang menyebutnya juga ‘Hong Heng Sua’ yang berarti tanaman milik Hong Heng.

Pasir Panjang Singapore
credit: knowsgproperty

Club Street

Namanya saja Club Street, maka dari itu banyak sekali klub-klub Cina di area ini. Biasanya orang-orang kaya sering hang out disini.

Club Street
credir: flickr

Seru ya ternyata mengetahui arti-arti nama jalanan di Singapura! Coba tuliskan di kolom komentar jalanan mana yang artinya menarik atau kalau kalian punya informasi menarik mengenai jalanan di Singapura!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *