Jika Anda berpikir hanya ada kedai kopi modern di pusat perbelanjaan Singapura, Anda salah besar. Heap Seng Leong, merupakan kedai kopi klasik bernuansa 70-an, tentunya sudah berdiri dari 40 tahun silam. Tidak ada mesin espresso, pendingin ruangan, atau jaringan internet. Di kedai kopi ini Anda hanya akan bertemu orang tua yang saling berbicara bahasa mandarin. Tidak ada sofa nyaman, hanya ada meja bulat dan kursi plastik. Anda bisa menemukan kedai ini di sudut pusat makanan dan buah, North Bridge Road.

Heap Seng Leong adalah salah satu dari sedikit Kopitiam tradisional yang masih bertahan. Orang-orang yang kongkow disana tidak bermain gadget melainkan berbincang dan memperhatikan sekitar untuk membunuh waktu.

Melihat tampilannya, jangan ragu untuk masuk kedalam dan menyicip menunya. Kopi Gu You atau Butter Coffee atau Bullet Proof Coffee terlihat hitam legam kekuningan. Mentega tawar yang dipadu dengan kopi hitam menghasilkan rasa manis sedikit berlemak. Tidak hanya kopi, Anda bisa menyicipi teh, bakpao, atau roti bakar srikaya yang sangat melegenda.

Tidak butuh waktu lama untuk menemukan kedai Heap Seong Leong. Anda bisa naik MRT dan turun di stasiun Lavender. Anda bisa berjalan ke arah Crawford Street dan menyebrangi jembatan di atas Rochor River. Lalu, Anda bisa mencari North Bridge Market and Food Center. Heap Seng Leong berada di sisi lain bangunan pasar tersebut, tepat berhadapan dengan apartermen pemukiman North Bridge Road. Anda akan menemukan papan nama dengan hurud mandarin dan latin bertuliskan “Heap Seng Leong”.

Coba Anda datangi Heap Seng Leong, sisi lain Singapura yang tua dan ramah di kantong. Pun, kedai kopi ini menjadi saksi peradaban berbaurnya ragam budaya di Singapura.

10 North Bridge Road,  #01-5109. Jam Buka: 4.00-20.00 setiap hari. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *