Ini merupakan salah satu fitur dari 12 kereta C151C baru. Yang pertama mulai beroperasi pada Minggu, 30 September 2018 pagi dari stasiun Ang Mo Kio. Coba Anda lihat sekitar saat menaiki MRT di Singapura saat ini, mungkin Anda sedang menduduki kursi tip-up.

Kereta lain juga akan segera mulai melayani penumpang, dan 12 kereta baru itu diharapkan bisa beroperasi pada awal tahun depan. Kereta-kereta baru ini adalah yang pertama di Singapura yang memiliki kursi tip-up.

Setiap gerbong memiliki 12 kursi seperti itu – empat set tiga kursi – yang dapat dilipat untuk menyediakan lebih banyak ruang berdiri bagi penumpang selama periode peak hours. Ketika dilipat, kursi memungkinkan untuk menampung kelebihan 100 penumpang di setiap kereta dan meningkatkan kapasitasnya sekitar 6 persen menjadi total 1.700 penumpang.

Kereta baru ini juga dilengkapi dengan perangkat kolektor arus yang ditingkatkan (CCD). CCD ini telah diperbaiki untuk memberikan informasi waktu yang tepat ke sistem manajemen terpadu.

Logo Otoritas Transportasi Darat juga dapat dilihat di tubuh kereta baru, dan ini adalah pertama kalinya logo ini ditampilkan di tubuh kereta api North-South dan East-West Lines (NSEWL).

Dilansir dari Straits Times, Mahasiswa Owen Nicholas Loh (19), mengatakan: “Saya suka kursi tip-up karena mereka akan membantu meringankan penumpukan penumpang selama periode sibuk seperti di pagi dan sore hari,”

“Semakin banyak orang yang menggunakan MRT dan fitur baru ini menunjukkan kereta-kereta yang beradaptasi dengan situasi saat ini.”

Sumber Foto: The Straits Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *