Seperti Indonesia, Singapura juga merupakan negara yang multikultural. Karena itu, tak heran jika beberapa kawasan di Kota Singa mempunyai bangunan yang mewakili berbagai macam suku, ras, dan agama. Salah satunya adalah bangunan masjid. Meski Islam bukanlah agama mayoritas, jumlah masjid di Singapura terbilang cukup banyak, bahkan beberapa masjid dibangun dengan arsitektur yang indah dan megah. Tim Singapore Guidebook mengumpulkan enam masjid terindah di Singapura yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk beribadah maupun berwisata.

Masjid Sultan

Siapa yang tidak kenal dengan masjid yang menjadi ikon utama di kawasan Kampong Glam ini? Masjid Sultan merupakan masjid utama di Singapura yang didirikan untuk sultan pertama di Singapura, Sultan Hussain Shah, pada 1824. Terletak di 3-Muscat Street, masjid ini juga dikenal dengan kubah emasnya yang megah serta didominasi oleh warna kuning perak khas Melayu. Selain itu, masjid ini memiliki interior yang menarik dengan kumpulan botol kaca hijau yang tersusun terbalik tepat di bawah kubah. Konon, botol-botol tersebut merupakan hasil sumbangan dari komunitas muslim yang kurang mampu sehingga terlihat jelas bahwa tidak hanya orang kaya saya yang dapat berkontribusi untuk masjid tertua dan termegah di Singapura ini.

3 Muscat Street, Singapura 198833.

Masjid-Masjid Terindah di Singapura
Masjid Sultan Inside. Sumber foto: Xiquinho Silva

Masjid Hajjah Fatimah

Nama masjid yang menggunakan nama wanita memang agak jarang terdengar. Nama masjid ini diambil dari nama seorang pengusaha wanita kaya sekaligus sang donatur yang menyumbangkan tanahnya untuk membangun masjid ini. Terletak di sepanjang Beach Road, masjid yang didirikan pada tahun 1846 ini memiliki perpaduan arsitektur lintas budaya yang unik, yaitu Melayu, Tionghoa, dan Eropa. Masjid yang dirancang oleh arsitek John Turnbull Thomson ini memiliki kubah kuning perak berbentuk bawang, interior yang dipenuhi oleh ukiran kayu tradisional khas Melayu, dan lantai porselen khas Tiongkok. Bahkan, menara Masjid Hajjah Fatimah juga menyerupai puncak menara gereja. Masjid ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat keharmonisan budaya dalam satu atap.

4001 Beach Rd, Singapura 199584

Masjid-Masjid Terindah di Singapura
Hajjah Fatimah Mosque. Sumber foto: Jack at Wikipedia

Masjid Abdul Gafoor

Masjid yang terletak di tengah kawasan Little India ini merupakan salah satu masjid bersejarah di Singapura. Arsitektur masjid nan megah yang dibangun pada 1907 ini banyak dipengaruhi oleh budaya India. Hal ini ditunjukkan dengan dominasi warna hijau dan kuning yang merupakan warna khas India. Dari luar, keindahan masjid ini sudah terlihat dengan pintu masuk yang berukuran besar dilengkapi dengan ukiran kayu yang bernilai seni tinggi. Di bagian dalam, ruang salat utama dipenuhi pilar-pilar yang menambah kecantikan masjid ini. Banyaknya ukiran kaligrafi yang menghiasi masjid juga menjadikannya salah satu masjid terindah di Singapura.

41 Dunlop St, Singapura 209369

Masjid-Masjid Terindah di Singapura
Abdul Gafoor Mosque. Sumber foto: George Bayliss

Masjid An-Nahdhah

Berdiri sejak tahun 2006, masjid yang berlokasi di kawasan Bishan Street Singapura ini dapat menampung sekitar 4.000 jemaah. Masjid ini tak hanya unik dari segi bangunannya, tapi juga fasilitas yang disediakan. Masjid ini tidak hanya menyediakan fasilitas bagi umat Islam untuk beribadah, tetapi membangun relasi sosial dengan umat lainnya. Masjid ini dilengkapi dengan basement, kelas-kelas, dan ruangan serbaguna yang dapat digunakan untuk belajar agama, pengembangan diri untuk keluarga dan anak muda, dan yang lainnya. Masjid ini memiliki misi untuk membangun komunitas muslim yang kuat melalui desain bangunan yang dibuat secara modern.

9A Bishan Street 14, Singapura 579786

Masjid Malabar

Masjid Jemaah Muslim Malabar atau yang kini dikenal dengan Masjid Malabar merupakan masjid yang dibangun oleh imigran muslim India asal Kerala pada tahun 1927. Tampilan visual dari masjid ini pun menarik untuk dilihat. Pasalnya, tembok pada bagian luar masjid tak hanya di cat dengan satu warna saja melainkan dilapisi oleh ubin genteng lapis biru dan putih yang berbeda. Secara kasat mata, warna biru memang menjadi warna yang paling mendominasi sehingga memunculkan kesan yang tenang dan damai. Masjid dua lantai yang bertempat di 471-Victoria Street ini juga memiliki tiga kubah emas yang dilengkapi dengan bulan sabit dan bintang layaknya kubah masjid tradisional pada umumnya.

471 Victoria Street, Singapura 198370

Masjid-Masjid Terindah di Singapura
Malabar Mosque. Sumber foto: KnitSpirit

Masjid Al-Istighfar

Merupakan salah satu masjid terbaru di Singapura, Masjid Al-Istighfar terlihat memikat perhatian karena kubah birunya. Dibangun pada tahun 1999, masjid yang terletak di bagian timur Singapura ini memilih gaya desain minimalis dan bersih sehingga arsitekturnya terlihat modern. Masjid tiga tingkat ini ternyata memiliki rancangan yang serupa dengan Masjid Biru di Istanbul, Turki. Sebanyak 3.300 jemaah dapat ditampung di masjid ini.

No. 2 Pasir Ris Walk, Singapura 518239

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *