Jangan melupakan sejarah, karena itu termasuk bagian penting dalam sebuah tur. Selain menjadi kota yang ramai untuk acara menarik dan makanan yang lezat, Singapura cukup kaya akan budaya dan sejarahnya juga. Tidak selalu ke museum untuk menikmati sejarah, Anda bisa langsung datang ke bangunan bersejarah yang masih berdiri. Banyak tempat-tempat bersejarah di Singapura yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, bangunan bersejarah di Singapura memiliki arsitektur bangunan yang sangat bagus. Jadi, jangan lepaskan kamera dari genggaman Anda.

Kuil Thian Hock Keng

Dikenal sebagai kuil Cina tertua di Singapura – dan kuil paling penting bagi klan Hokkien di Singapura, tempat ibadah ini didedikasikan untuk Mazu, Dewi Laut. Dengan arsitektur dan sejarahnya yang luar biasa, Kuil Thian Hock Keng yang dipugar dengan sempurna adalah salah satu permata terbesar di Telok Ayer. Ukiran dan patung terperinci menjadi hiasan karya arsitekturnya, sementara ubinnya sangat cantic dan akan membuat foto semakin menarik. Namun, sama halnya dengan tempat ibadah mana pun, Anda tetap harus tetap sopan dan hormat. Hebatnya, konstruksi asli Thian Hock Keng Temple tidak menggunakan satu paku pun dan kini kuil ini dikukuhkan sebagai monumen nasional serta dikelola oleh Singapore Hokkien Huay Kuan.

158 Telok Ayer Street

Battlebox

Dipenuhi dengan sejarah, Battlebox, yang terletak di Fort Canning Parkyang subur berfungsi sebagai bunker anti-bom dari Markas Besar Inggris Komando Malaya dalam Perang Dunia II dan juga tempat di mana banyak keputusan penting dibuat. Di dalam Battlebox, Inggris memutuskan untuk menyerahkan Singapura ke Jepang yang menyerang pada 15 Februari 1942. Masuk ke Battlebox sbeaiknya ditemani pemandu tur, jadi ingatlah untuk reservasi sebelumnya! Setelah tur, Anda juga dapat mengunjungi replika rumah Raffles yang juga ada di tamannya.

2 Cox Terrace

 

Sultan Mosque

Dibangun pada tahun 1824 oleh sultan pertama Singapura, Sultan Hussein Shah, masjid megah ini adalah yang terbesar di Singapura. Sultan Mosque memiliki kubah emas yang sangat besar dan tempat shalat yang sangat luas – dapat menampung hingga 5000 orang. Masjid ini wajib sekali dikunjungi jika Anda berada di wilayah Kampong Glam. Dikenal dengan Sultan Singapore Mosque, merupakan masjid terkemuka di Singapura. Jika Anda berada di sana, lihatlah lebih dekat kubah berbentuk bawang tersebut. Setiap dasar kubah didekorasi dengan ujung botol kaca yang disumbangkan oleh umat Muslim yang kurang mampu selama masa pembangunannya. Dinobatkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975, masjid yang Indah ini merupakan titik utama masyarakat Muslim sampai dengan saat ini. Biasanya digelar pasar malam dan gerai makanan di sekitar masjid saat bulan Ramadan.

3 Muscat Street

CHIJMES

Lebih dari sekedar restoran, sejarah CHIJMES kembali ke era 50-an. Dulunya ini merupakan kompleks Biara Holy Infant Jesus (CHIJ), yang mana merupakan institut untuk sekolah khusus perempuan yang dikelola oleh biarawati Katolik Perancis. Pada tahun 1990, tempat itu dinyatakan sebagai monumen nasional dan tetap menjadi ikon dalam sejarah dan arsitektur Singapura.

30 Victoria Street

Sri Mariamman Temple

Di Chinatown yang ramai, Anda akan menemukan salah satu tempat bersejarah paling berharga di sini, kuil Hindu tertua di Singapura: Sri Mariamman. Kuil ini dibangun untuk pemujaan Dewi Mariamman, diyakini sebagai ‘dewi’ dari India Selatan yang merupakan pembawa hujan dan kemakmuran. Kuil ini semestinya dibangun di Telok Ayer Street, tetapi dianggap tidak sesuai karena pasokan air tawar yang diperlukan untuk ritual tidak tersedia di dekatnya. Ini menjadi warisan Singapura yang ikonik dengan detail arsitektur yang menarik.

244 South Bridge Road

Victoria Theatre and Concert Hall

Pusat seni pertunjukan yang baru-baru ini direnovasi mungkin akan Anda kagumi – yaitu perpaduan arsitektur modern dan klasik. Tetapi ketika dibangun lebih dari seabad yang lalu, bangunan ini dikenal sebagai Balai Kota dan Victoria Memorial Hall yang memiliki berbagai tujuan menurut sejarahnya. Selama Perang Dunia kedua, seperti banyak tempat dan bangunan bersejarah lainnya, Victoria Theatre and Concert Halldigunakan sebagai rumah sakit. Namun sekarang, bangunan ini indah seperti biasa dan rumah bagi seni pertunjukan.

9 Empress Place

Tempat-tempat berikut bisa Anda kunjungi dan Anda telusuri sejarahnya untuk menambah wawasan, karena belajar tidak akan ada batasnya! Sejarah di balik bangunan nan indah bisa terkuak jika Anda kulik lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *