MRT merupakan transportasi yang sangat diandalkan di Singapura, terutama untuk traveler yang berpergian. Selain memiliki banyak rute dan menjangkau hingga ke pelosok Singapura, MRT juga aman dan nyaman serta jalurnya mudah dipahami. Namun, masih banyak kendaraan lain yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi Singapura selain MRT. Lupakan untuk menggunakan taxi, kendaraan online, atau rental mobil. Mari jelajahi si negara sibuk dengan mencoba naik transportasi berikut ini.

Bus

Dibanding MRT, bus lebih murah biayanya dan haltenya sering berdekatan dengan obyek wisata yang Anda tuju. Jika Anda berpergian di Singapura menggunakan bus, Anda hanya akan menghabiskan 60 sen hingga 1,2 SGD untuk setiap perjalanan, tergantung seberapa jauh jaraknya. Jika Anda bingung, Anda bisa mencari buku panduan TransitLink di toko buku setempat. Cara membayar tiketnya hampir sama dengan MRT, bisa dibeli saat keberangkatan atau menggunakan EZ-Link yang bisa diisi ulang.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba layanan hop-on-hop-off bus. Layanan ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin menjelajah – melompat dari satu tempat ke tempat lain jika Anda memiliki waktu yang tak terbatas. Anda bisa naik layanan hop-on-hop-off bus untuk menuju ke obyek wisata selanjutnya. Layanan ini dibanderol sekitar dari harga 23 SDG untuk sekali perjalanan dengan 15 kali pemberhentian.

Trishaws

Trishaw atau becak beroda tiga ini dulunya alat transportasi tradisional di Singapura. Namun seiring pergantian zaman, sekarang sangat sulit untuk menemukan kendaraan ini. Di Singapura, anak-anak diajarkan untuk memanggil para tetua dengan “Uncles” dan “Aunties” sebagai bentuk penghormatan. “Trishaw Uncle” adalah sebutan bagi pengendara trishaw yang menggunakan kekuatan manual mereka untuk membawa orang ke berbagai tempat. Jika Anda ingin merasakan naik Trishaws, Anda bisa pergi ke kawasan Chinatown, Little India, atau Kampong Glam. Kebanyakan pengemudi Trishaws akan menunggu turis di sepanjang Waterloo Street. Biasanya, setiap 45 menit perjalanan akan dikenakan biaya sekitar 25 SGD hingga 45 SGD. Ada juga tur-tur yang menawarkan paket untuk berkeliling menggunakan Thrishaws.

Airbus

Layanan ini diperuntukan untuk pengunjung yang baru landing di Bandara Changi. Jika Anda memilih untuk mencoba, layanan ini akan membawa Anda pergi ke tiga tempat, yaitu Central Business District, the Colonial District and Orchard Road. Layanan ini tersedia setiap 20 menit sekali dengan harga sekitar 5 SGD untuk dewasa dan 3 SGD untuk anak-anak.

Segway Electric Car

Kendaraan ini adalah kendaraan baru dan cocok untuk Anda yang masih muda dan senang meng-explore hal baru. Berbentuk seperti skuter, Anda harus menyeimbangi kendaraan ini agar bisa berdiri diatasnya. Anda bisa naik Segway Electric Car dengan harga sekitar 15 SGD untuk berkeliling. Namun, hanya ada di Sentosa Island, jadi Anda hanya bisa menjelajahi kawasan tersebut saja. Menjelajahi Sentosa Island akan sangat mengasyikan, terutama menyusuri pinggiran pantai yang Indah di Sentosa Island.

Kendaraan-kendaraan diatas adalah pilihan untuk mendapat sensasi lain saat berkeliling Singapura. Namun, untuk menghemat biaya perjalanan, saran terbaik adalah menggabungkan MRT dan bus karena transportasi umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *