Mid-Autumn Festival merupakan festival tradisional yang berlangsung dari 8 September hingga 8 Oktober 2018. Chinatown akan tenggelam dalam perayaan nan indah dihiasi dengan lentera warna-warni dan dekorasi yang mempesona.

Nikmati perayaan Mid-Autumn Festival di Chinatown, di mana budaya tradisional Tiongkok menjadi hidup. Anda akan dibuat kagum dengan dekorasi Chinatown seperti New Bridge Road, Eu Tong Sen Street, South Bridge Road, dan jalan-jalan di Chinatown yang dihias dengan lentera tradisional yang berwarna-warni. Mid-Autumn Festival dirayakan setelah matahari terbenam, alias saat malam hari. Biasanya, keluarga Tionghoa menikmati festival ini dengan berkumpul dengan keluarga, pergi ke taman yang dihiasi banyak lampion berwarna-warni, minum teh dan memakan kue bulan.

Dikenal sebagai Mooncake Festival, ini merupakan festival yang menandakan berakhirnya panen musim gugur dan merupakan waktu untuk bersyukur kepada para dewa. Ini juga merupakan tahun dimana bulan berada pada titik paling terangnya, karena itu legenda bulan selalu melekat di festival ini.

Banyak versi dari cerita rakyat mengenai perayaan ini, namun salah satu yang terkenal adalah tentang istri seorang pahlawan, Chang E. Legenda menceritakan, Hou Yi menemui Wang You (ratu surga) dalam perjalanannya dan diberi obat keabadian. Hou Yi membawanya pulang dan berniat meminumnya bersama istrinya, Chang E. Seseorang melihat Chang menerima obat itu dan menuntutnya untuk menyerahkan obat tersebut saat Hou Yi sedang berburu. Mengetahui bahwa dia tidak bisa menang, ia menelan obat tersebut dengan segera. Setelah meminumnya, Cheng terbang keluar dari jendela dan naik ke langit. Cinta besar Chang untuk suaminya menariknya menuju Bulan. Setelah mendengar bahwa Chang adalah seorang dewi, rakyat ikut menawarkan pengorbanan kepada Chang untuk berdoa bagi kedamaian dan keberuntungan.

Ada empat sorotan acara yang bisa Anda nikmati selagi berlangsungnya Mid-Autumn Festival di Chinatown. Street Light-Up, Bazaar dan Nightly Stage Shows. Bazaar berlokasi di Pagoda Street, Trengganu Street, Sago Street and Smith Street dari pukul 18.30-22.30. Sedangkan Nightly Stage Show berlokasi di Kreta Ayer Square dari pukul 20.00-22.30.

Tidak ketinggalan, Anda harus melihat acara puncaknya pada tanggal 23 September 2018 bertajuk “Mass Lantern Walk”. Seperti namanya, ini merupakan iring-iringan dengan berbagai lentera kreatif. Ada aksi tari naga, pemandu sorak, dan band perkusi yang berjalan beriringan. Lihatlah hingga akhir, karena puncaknya akan ada pertunjukan panggung dan kembang api yang menghiasi langit malam Chinatown.

Puncak acara ini berlangsung dari pukul 19.00-22.00, yang dimulai dari Kreta Ayer Square hingga ke Along New Bridge Road. Sedangkan panggung sebagai penutup acara ada di depan Lucky Chinatown.

Saat merayakan Mid-Autumn Festival, Gardens by the Bay juga ikut menerangi langit malam Singapura selama dua minggu dari 6 September hingga 24 September 2018. Gardens by the Bay mengambil tema Autumn of Fantasies, yang akan menampilkan banyak lentera berukuran besar berupa makhluk-makhluk mitos, pertunjukan budaya dan jajanan makanan.

Selain di Chinatown dan Gardens by the Bay, Anda juga bisa mengajak keluarga Anda ke Chinese Garden untuk menikmati cahaya bulan yang Indah.

www.chinatownfestivals.sg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *