Paspor Singapura jatuh di posisi kedua dalam Indeks Paspor 2018, di bawah dokumen perjalanan-nya Uni Emirat Arab yang sekarang menjadi paspor paling kuat di dunia.

Perusahaan penasehat global Arton Capital Passport Index memeringkat paspor negara menurut akses lintas batas yang mereka bawa, menetapkan “skor bebas visa” berdasarkan jumlah negara yang dapat dikunjungi oleh pemegang paspor tanpa visa, atau dengan visa kedatangan.

Dalam peringkat tahun ini, paspor Uni Emirat Arab memperoleh skor 167. Pemegang paspor Emirat bisa mengunjungi 113 negara bebas visa dan 54 negara dengan visa pada saat kedatangan.

Dilansir dari Straits Times, Singapura berada dibawahnya dengan skor 166, karena paspornya hanya memberikan perjalanan bebas visa ke 127 negara. Ada 39 negara di mana pemegang paspor Singapura memerlukan visa pada saat kedatangan.

Jerman juga memperoleh skor 166, tetapi menduduki peringkat ketiga. Pemegang paspor Jerman diberikan perjalanan bebas visa ke 126 negara, berbeda tipis dengan pemegang paspor Singapura.

Congratulations, Singapore!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *