Idul Adha atau Hari Raya Haji biasanya dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Begitu juga Singapura, umat islam disana juga ikut memeriahkan Idul Adha. Perayaan ini dalam rangka memperingati iman Nabi Ibrahim. Dikenal dengan Hari Raya Kurban, biasanya muslim di Singapura akan datang untuk salat berjemaah di masjid dengan mengenakan pakaian terbaik mereka.

Acara yang paling disoroti saat Hari Raya Kurban adalah melakukan “kurban” itu sendiri. Hewan yang dikurbankan berupa domba, biri-biri, kambing, atau sapi dengan cara disembelih dengan irisan cepat pada pembuluh darah di leher sambil membaca doa. Setelah disembelih, hewan tersebut dibersihkan dan dagingnya dipotong-potong untuk dibagikan.

Kurban mengingatkan umat islam tentang keikhlasan Nabi Ibrahim yang rela mempersembahkan putranya, Ismail demi menaati perintah. Allah kemudian mencegahnya dan menggantinya dengan seekor kambing untuk dipersembahkan sebagai ganti putranya.

Mirip seperti di Indonesia, setelahnya mereka mengunjungi kerabat dan keluarga, lalu menikmati makan bersama dengan hidangan utama daging hewan kurban. Selain itu, ada juga yang melakukan ziarah ke makam. Bahkan terdapat juga Baazar yang diadakan di tempat-tempat tertentu, seperti kawasan Kampong Glam dan Geylang Serai. Sementara itu, jika Anda tidak ada rencana saat Idul Adha berlangsung, Anda bisa menjelajahi masjid-masjid di Singapura.

Hari Raya Kurban di Singapura jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *