As we know, Singapura merupakan salah satu destinasi di Asia Tenggara yang keamanannya terjamin dan ramah-anak serta cocok untuk wisata keluarga. Banyak sekali wisata yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil. Mungkin Anda bisa menyelipkan beberapa wisata berikut ini ke rencana perjalanan Anda bersama si kecil, terlebih wisata berikut ini gratis! Masih memungkinkan traveling dengan anak tanpa mengeluarkan biaya lebih, kan?

Vivo City Playground

Playground ini terletak di Mal Vivo City Harbour Front lantai 2. Playground ini sama seperti taman bermain pada umumnya, ada perosotan, trampolin, ayunan, semprotan air, dan lainnya. Anda akan sangat aman membawa balita kesini karena arena bermain dilapisi karet tebal sehingga Anak tidak akan sakit jika terjatuh. Playground ini memiliki ruangan outdoor dan indoor. Anda bisa menyiapkan baju ganti dan handuk untuk Si Kecil karena terdapat beberapa arena main air. Selain itu, terdapat Paddle Boat untuk anak usia 3 tahun keatas dan Mini Express Train untuk anak-anak balita. Karena tempatnya berada di dalam Mal, Anda dengan mudah bisa makan siang atau pergi berbelanja sambil menemani Si Kecil bermain. Playground ini gratis tidak dipungut biaya, kecuali untuk wahana ekstra. Mal ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 malam.

Lokasi: Vivo City Mall, 1 HarbourFront Walk

Akses: Anda bisa naik MRT dan turun di HarbourFront Station

Far East Organization Children’s Garden

Terletak dekat dome menyediakan Waterplay, sebuah taman air khusus anak-anak bermain. Anak-anak akan senang berlarian sambil mencipratkan air. Waterplay diprogram agar terhubung ke sensor yang mendeteksi pergerakan anak-anak untuk membuat rangkaian efek air. Ada Toddler Play-zone termasuk sway bridge dan stepping springs serta the Fish Fountain yang sangat pas untuk balita 1-5 tahun bermain serta melatih motoric dan fisik. Sementara para orang tua bisa beristirahat di amphiteater yang tersedia sambil menunggu anak-anak selesai bermain. Jangan lupa membawa pakaian renang untuk anak Anda!

Di sekitar taman air pun ini, ada banyak obstacle yang terhubung dengan jalan setapak seperti salah satunya jaring laba-laba yang dapat melatih motorik dan fisik anak. Ada juga rumah pohon di ujung jalan setapak. Terletak di dalam kanopi pepohonan yang lebat, dua rumah pohon mencapai ketinggian masing-masing 4 meter dan 7,5 meter. Cocok untuk anak-anak usia 6-12. Taman ini buka hingga pukul 19.00 di hari biasa dan pukul 9 malam di akhir pekan. Ingat, bahwa Area Waterplay dan Fish Fountain tutup pukul 18.30 di hari biasa dan 20.30 di akhir pekan.

Lokasi: Gardens By The Bay, 18 Marina Gardens Drive

Akses: Anda bisa naik MRT ke stasiun Bayfront dan mengikuti petunjuk arah menuju Gardens By The Bay dari sana.

Jacob Ballas Children’s Garden

Konsep taman ini sangat menarik. Hanya anak-anak berusia dibawah 14 tahun diperbolehkan masuk, sedangkan untuk anak dibawah 12 tahun perlu ditemani seorang pendamping dewasa untuk bisa masuk. Begitu pula sebaliknya, orang dewasa tidak boleh masuk jika tidak untuk menemani anak-anak.

Di dalamnya banyak permainan seru, seperti rumah pohon dengan perosotan, taman bermain air, dan jembatan gantung, ditambah flying fox dan trampoline. Hal tersebut membuat kita lupa bahwa kita sedang berada di kota yang sibuk.

Selain fasilitas bermain, taman yang merupakan bagian dari Singapore Botanical Garden ini menyediakan sarana edukatif seperti gardening! Juga, keamanan di taman ini sangat diperhatikan karena tidak diperbolehkan untuk membawa masuk benda dari kaca, sepeda, skuter, skateboards, dan barang lain yang membahayakan.

Ada banyak tempat duduk di dalam taman,jadi Anda bisa menjaga anak Anda sambil duduk beristirahat. Namun Anda harus hati-hati jika duduk dekat pohon-pohon yang besar karena biasanya terdapat semut atau serangga. Untuk Anda yang membawa bayi, jalan setapak di taman ini juga stroller-friendly. Jacob Ballas Children’s Garden buka dari pukul 08.00 hingga 19.00 dengan batas masuk terakhir pukul 18.30. Jangan mengunjungi taman ini pada hari senin, karena mereka tutup!

Lokasi: 1 Cluny Road National Parks Board

Akses: 10 menit jalan kaki dari Botanic Gardens MRT Station

SBS Bus No. 48, 66, 151, 153, 154, 156, 170, 186 and SMRT Bus No. 67, 171. Alight along Bukit Timah Road, NUS Bukit Timah Campus bus stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *