Mari lepas penat di akhir pekan minggu ini! Lupakan Gardens by the Bay sesaat. beralih ke taman lain, yaitu Singapore Botanic Gardens – jantung kota ini. Berikut ini sorotan spot favorit dan acara yang akan berlangsung yang bisa Anda jelajahi di Singapore Botanic Gardens!

Sebutan Garden City untuk Singapura bukan hanya omongan belaka. Singapore Botanic Gardens adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Dengan luas 74 hektar, taman ini merupakan rumah bagi lebih dari 10.000 jenis tanaman, termasuk anggrek langka dan pohon-pohon tua. Jadi mulailah mengepak keranjang piknik Anda dan rencanakan hari yang sempurna bersama keluarga, kawan atau pasangan Anda!

Taman berusia lebih dari 150 tahun ini buka dari jam 05.00 pagi hingga 24.00 malam setiap hari sepanjang tahun. Pemerintah juga membebaskan biaya masuk ke dalam kebun, kecuali untuk area National Orchid Garden.

National Orchid Garden

Ini adalah sorotan di Singapore Botanic Gardens – di mana anggrek bermekaran. Di sini, 1000 spesies dan 2000 hibrida ditampilkan dengan cantik. Pikirkan lengkung berdaun menakjubkan yang tinggi, air mancur yang dibingkai oleh bunga anggrek yang berwarna-warni, dan instalasi yang lebih besar dari kehidupan. Anda harus berpakaian chic, karena tempat-tempat yang insta-worthy banyak ditemukan di setiap sudut!

Anggrek yang bisa Anda lihat di taman ini termasuk beberapa yang paling langka di dunia. Lokasi untuk anggrek langka ini ada di Tan Hoon Siang Mist House – bahkan merupakan rumah award-winning orchid cultivars. Hidung Anda akan mencium aroma Anggrek, termasuk aroma Anggrek terharum di taman ini.

Learning Forest

Pakai sneakers Anda, karena Anda diajak bertualang di sini. Terletak di dalam Tyersall-Gallop Core, Learning Forest memiliki jalan setapak untuk Anda menjelajahi berbagai habitat, termasuk freshwater forest wetland dan lowland rainforest.

Berjalan di boardwalk akan menampilkan berbagai tumbuhan “raksasa”, palem, benalu, serta ‘Canopi Web’. Saat Anda berjalan di Canopy Web, Anda akan melihat ke mahkota pohon, dan melihat bunga yang mekar dari dekat.

Yang harus dilihat di dalam Learning Forest adalah Keppel Discovery Wetlands. Ini adalah rumah untuk menanam spesies yang khas dari habitat lahan basah hutan air tawar (freshwater forest wetland) di kawasan itu yang sekarang terancam punah. Di sini juga Anda akan menemukan jalan kayu yang akan membawa Anda untuk memberi penghormatan kepada ahli botani terdahulu.

Palm Valley

Salah satu tempat paling indah di taman ini adalah Palm Valley. 220 jenis pohon palem dalam berbagai ukuran disusun dalam pola herringbone di sini. Beberapa halus, berbentuk kipas, dan seperti bulu. Heliconia Walk juga bisa Anda jelajahi, dengan berjalan di jalan setapak yang dikelilingi tanaman helconia.

Symphony Lake

Anda akan melihat tempat paling populer di seluruh taman ini. The Shaw Foundation Symphony Stage dibangun di daratan kecil di tengah danau. Pak tas piknik, dan biarkan sore Anda mendengarkan suara orkestra dari sini. Seperti panggung yang dikelilingi danau dengan atap tertutup melengkung, Anda bisa melihatnya dari pinggir danau, atau dari pinggiran taman yang idsediakan untuk duduk-duduk.

Eco Lake

Terletak dekat dengan pintu keluar Botanic Gardens, ini merupakan danau untuk dikunjungi jika Anda ingin tamasya-super-cepat di taman. Di seluruh lanskap yang luas ini, Anda akan menemukan pohon yang mampu memproduksi rempah-rempah, pewarna, damar, dan serat. Namun selain indah, danau itu juga rumah bagi sebuah keluarga angsa hitam yang elegan. Apa pun yang Anda lakukan, jangan coba coba memberi makan angsa-angsa ini!

Ginger Garden

Pemandangan pertama yang akan Anda lihat setelah memasuki Botanic Gardens melalui gate masuk Tyersall adalah air terjun. Pergilah ke Ginger Garden sebagai perkenalan. Anda akan menemukan lebih dari 250 spesies jahe yang ditemukan di Asia, Pasifik, Afrika, dan Indocina.

Selain spot yag sangat Indah dan nyaman, ada juga banyak Restoran dan kafe di Singapore Botanic Gardens. Anda bisa menjelajahinya sendiri dan memilih untuk mencoba hidangan mereka atau hanya sekedar menyisip satu gelas es kopi. Salah satu rekomendasinya adalah The Halia, halal-certified restaurant. Singapore Botanic Gardens bisa dijangkau dengan MRT, Anda bisa turun di Napier MRT station atau Botanic Gardens MRT Station.

Jangan lewatkan berbagai acara yang akan diadakan di taman ini.

A Cappella Festival 2018

Saturday, 6 Oct 2018

6pm to 8pm

Shaw Foundation Symphony Stage

 

SBG Market Square

6, 7 October 2018

9am to 7.30pm

Orchid Plaza

 

Rain Forest Tour (Japanese)

Saturday, 6 October 2018

10am

Visitor Services Counter at Visitor Centre (Gate terdekat: Nassim Gate)

 

www.nparks.gov.sg

1 Cluny Rd

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *