Banyak hal yang bisa Anda gali dari Singapura. Tidak hanya pusat perbelanjaan, restoran mewah dan tempat wisata yang menarik, Singapura juga memiliki banyak ruang hijau untuk sedikit melepas penat. Tempat ini kadang jarang dinobatkan sebagai tempat wisata turis, namun tidak ada salahnya jika Anda sebagai turis menjelajahi tempat-tempat berikut ini. Berolahraga sambil bercengkrama bersama kawan, inilah dua taman dengan jalur hiking yang bisa Anda jelajahi.

Mac Ritchie Reservoir Park

MacRitchie Reservoir Park merupakan tempat yang selalu populer baggi pecinta alam dan olahraga. Kawasan ini di lengkapi jalur hiking dan kayak yang disewakan. Sangat cocok untuk Anda melepas penat sambil rekreasi alam. Tempat lindung hijau seluas 12 hektar ini memiliki reservoir (waduk) tertua di Singapura yang menjadi batas untuk cagar alam Singapura.

Berjalanlah pagi atau sore hari di sepanjang tepian untuk mengagumi keindahan dan ketenangan waduk. Atau, nikmati dayung santai di perairan yang tenang atau jelajahi hutan dengan melewati beberapa jalur. Menyediakan pusat fasilitas yang dilengkapi dengan toilet, fasilitas pancuran, loker, air mancur minum dan kios makanan, kawasan ini adalah tempat yang ideal untuk acara lintas alam.

Mac Ritchie Reservoir Park memiliki jembatan gantung sepanjang 250 meter bernama TreeTop Walk. Anda bisa melihat panorama hutan secara langsung dan rasakan sensasi berjalan di ketinggian 25 meter di atas tanah. Anda juga bisa melakukan hiking dari carpark di Venus Drive selama tiga hingga empat jam. Nikmati pendakian ke dalam cagar alam untuk menikmati alam di dalam kawasan hutan. Jangan lupa mampir ke Menara Jelutong setinggi tujuh tingkat yang akan membuat Anda berdecak kagum karena pemandangannya. Mac Ritchie Reservoir Park juga menjadi pintu gerbang ke cagar alam, sehingga taman ini merupakan tempat lindung untuk mengamati jenis-jenis burung.

The Southern Ridges

Taman terbuka hijau ini menghubungkan  Mount Faber Park, Telok Blangah Hill dan Kent Ridge Park. Memiliki jalur hiking sepanjang 10 kilometer, Anda akan disuguhkan pemandangan yang fotogenik. Nikmati pemandangan di puncak Mount Faber Park,  di mana Anda bisa mengambil foto dengan patung Merlion, salah satu dari tujuh Merlion yang ada di Singapura.

Mount Faber Park adalah salah satu taman tertua di Singapura. Taman ini terdiri dari tempat-tempat menarik seperti Deck Marina, Palm Plaza, Jewel Box, dan Faber Point. Mount Faber Park dihubungkan oleh Jembatan Henderson Waves yang sangat instagrammable menuju Telok Blangah Hill. Henderson Waves merupakan jembatan penyebrangan orang tertinggi di Singapura dengan struktur kayu dan ceruk-ceruk untuk istirahat pejalan kaki. Memiliki struktur seperti gelombang, pemandangan Singapura sangat menganggumkan dari atas jembatan ini. Tidak kalah mengaggumkan pada malam hari, Henderson Waves terang menderang diiringi cahaya LED dari jam 7 malam hingga 7 pagi.

Sementara itu, Telok Blangah Hill adalah sebuah taman yang terletak di Telok Blangah Green, Henderson Road. Taman seluas 34 hektar ini merupakan tempat populer untuk melakukan pre-wedding photoshoot dengan latar belakang yang mengagumkan. Sedangkan, Kent Ridge Park merupakan taman seluas 47 hektar yang menghubungkan National University of Singapore dengan Singapore Science Park.

Jangan lewatkan berjalan ke Alexandra Arch dan Canopy Walk. Alexandra Arch merupakan Jembatan sepanjang 80 meter yang menghubungkan Hilltop Walk dengan Forest Walk. Arsitektur jembatan ini juga tidak kalah unik –  tampak seperti daun yang terbuka, dengan dek melengkung 70 derajat. Sedangkan, Canopy Walk merupakan jalan setapak dengan ketinggian 3 hingga 18 meter yang juga merupakan penghubung menuju Alexandra Arch.

Perlu diingat, tidak ada akses untuk kursi roda di Southern Ridges, sehingga Anda perlu mempersiapkan segala sesuatu sebelum pergi kesana.

Masih banyak ruang terbuka hijau lainnya, namun kedua taman ini merupakan taman dengan jalur hiking yang memiliki pemandangan paling menawan. Jangan lupa membawa bekal makanan dan air mineral yang cukup!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *