Pada hari Selasa, 31 Juli 2018 lalu, Dr. Ma dan dua rekannya yang berasal dari Singapura di anugerahi award Singapore Commonwealth Fellowship in Innovation dari British High Commissioner to Singapore, Scott Wightman yang diadakan di kediamannya di The Eden Hall, Nassim Road.

“Snake Robots” yang sedang dikembangkan oleh lembaga penelitian di seluruh dunia, menarik minat rekan riset Nastional University of Singapore (NUS), Dr. Ma Jun.

Robot ini dirancang untuk operasi pencarian dan penyelamatan di reruntuhan bangunan. Pria 27 tahun ini juga ingin melanjutkan riset ini untuk mengembangkan robot-robot tersebut, yang akan memungkinkan mereka bergerak otomatis dan mengatasi rintangan yang ada.

Scholarship program tersebut akan menghabiskan tiga bulan di Universitas College London (UCL) di tahun 2019 untuk berkolaborasi dengan peneliti disana dalam pengembangan Snake Robots.

“Kelompok riset yang akan saya ikuti di UCL memiliki pengalaman yang kaya di bidang kontrol, otomatisasi dan robotik,” Ujar Dr. Ma. Ia mengatakan ini merupakan kesempatan yang baik untuk belajar dan memperkaya pengalaman penelitiannya di bidang robotika.

Para penerima beasiswa lainnya adalah Dr. Dinesh Visva Gunasekeran. Ia akan bekerja dengan menggunakan games dan virtual reality untuk mendiagnosis penyakit mata di Moorfields Eye Hospital, London. Rekan lainnya, Ms. Isabel Vadivu Govind, seorang pelatih kepemimpinan yang akan mempelajari cara mengembangkan keterampilan kepemimpinan di Emerson College, Sussex.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *