Awal bulan kemarin, pohon-pohon terompet mewarnai Singapura dengan warna merah muda saat bunga-bunga bermekaran di Singapura. Tetapi ketika bulan September mendekati akhir dan memasuki bulan Oktober, negara ini sekarang sedang diwarnai kuning yang cerah. Bunga penda emas atau The Golden Penda (Xanthostemon chrysanthus) telah terlihat bermekaran di berbagai bagian Singapura, kata National Parks Board (NParks) di sebuah posting Facebook Kamis, 27 September 2018 lalu.

“#SGBlooms2018 “Yellow there!” We’ve spotted brilliant blooms of the Golden Penda in our streetscape! Its flowers are bright yellow with five petals attached to the rim of a calyx. 🌼,” tulis akun NParks di facebook.

Foto-foto yang diunggah oleh NParks menunjukkan bunga-bunga tersebut bermekaran di daerah-daerah seperti Ang Mo Kio, Bukit Batok West, Choa Chu Kang dan Jurong Lake Gardens. Jika Anda beruntung menemui bunga cantik ini, berfotolah di hari yang cerah!

Sumber: Facebook NParks

Menurut situs web NParks, munculnya bunga di pohon-pohon ini diyakini disebabkan oleh penurunan suhu dengan tiba-tiba dan dapat dimulai dua hingga tiga tahun setelah pohon-pohon ditanam dari biji.

Pohon-pohon tersebut berasal dari Australia dan diperkenalkan ke Singapura pada tahun 1982.

Berkembangnya pohon penda emas datang setelah pohon terompet bermekaran pada bulan September. Bunga-bunga pohon terompet, yang menyerupai bunga sakura Jepang yang terkenal, bermekaran dalam jumlah besar di daerah-daerah seperti Tampines dan Braddell.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *