Dilansir dari Chanel NewsAsia, penerbangan komersial terpanjang di dunia lepas landas dari Singapura pada Kamis, 11 Oktober 2018. Pesawat dengan penumpang terbang selama 19 jam di udara ke New York.


Author: tatiana

Seorang juru bicara Singapore Airlines mengatakan kepada AFP bahwa Penerbangan SQ22 berangkat sekitar pukul 11.35 waktu setempat (1535 GMT) dengan 150 penumpang dan 17 awak di dalamnya. Dua pilot, menu makanan khusus “kesehatan” serta film dan hiburan televisi menemani para penumpang dalam perjalanan 16.700 kilometer.

Airbus A350-900ULR jarak jauh membawa hingga 161 penumpang, 67 di kelas bisnis dan 94 dalam ekonomi premium – tanpa kursi ekonomi reguler yang tersedia. Beban kerja pun akan dipecah, dengan setiap pilot memiliki istirahat minimal delapan jam selama penerbangan.

Pesawat bermesin ganda itu menggunakan sistem modifikasi yang membakar 25 persen lebih sedikit bahan bakar dibandingkan pesawat lain dengan ukuran yang sama, kata Airbus.

Penerbangan dari negara kota ke Bandara Liberty Newark dapat memakan waktu hingga 18 jam dan 45 menit dalam kondisi cuaca normal. Diluar itu, pilot  memiliki sesuatu sebagai cadangan di pesawat yang mampu terbang lebih dari 20 jam non-stop.

Singapore Airlines awalnya menerbangkan rute selama sembilan tahun menggunakan gas-guzzling, empat mesin A340-500 sebelum mereka meninggalkannya pada 2013 karena harga minyak yang tinggi membuat layanan itu tidak menguntungkan.

Penerbangan hari Kamis lalu akan berada di urutan atas hubungan udara langsung terpanjang saat ini РQatar Airways dengan penerbangan  dari Auckland ke Doha, yang memakan waktu 17 jam 40 menit.

“Ini berubah menjadi perlombaan antara beberapa maskapai yang mengincar rute terpanjang antar-benua,” kata Shukor Yusof dari konsultan penerbangan Endau Analytics.

Singapore Airlines adalah maskapai pertama di dunia yang mengoperasikan pesawat A350-900ULR. Perusahaan ini menerima pesawat pertama pada bulan September. Enam lainnya akan dikirim pada akhir tahun 2018.

Kami optimis tentang permintaan layanan non-stop ke AS,” kata juru bicara itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *