Warga di Singapura sangat puas dengan sistem transportasi umum yang ada di Singapura. Singapura memiliki salah satu sistem transportasi publik terbaik dan paling terjangkau dibandingkan dengan 24 kota besar di seluruh dunia, menurut laporan perusahaan konsultan McKinsey pada bulan Juni.

“Penduduk Singapura sangat menghargai sistem transportasi mereka dan bagaimana hal itu telah berevolusi selama beberapa tahun terakhir,” kata laporan itu.

Pada laporan bulan Juni tersebut, yang berjudul Elements Of Success: Sistem Transportasi Perkotaan Dari 24 Kota Global, yang juga menyangkut keterjangkauan dan efisiensi sistem transportasi. Laporan ini mencakup semua moda transportasi – pribadi, publik, sharing, bersepeda, dan berjalan.

“Singapura telah menciptakan sistem transportasi umum terbaik di kelasnya, yang dapat diakses, efisien, nyaman, berkelanjutan, dan pada saat yang sama juga terjangkau,” kata laporan itu.

24 kota utama yang diteliti meliputi Shanghai, London, Seoul dan New York, dan dipilih berdasarkan ukuran, tingkat perkembangan ekonomi, karakteristik sistem transportasi dan ketersediaan data.

Empat dari mereka – Berlin, Hong Kong, Shanghai dan Singapura – dipilih karena sistem transportasi mereka dianggap luar biasa oleh lembaga eksternal seperti TomTom Traffic Index.

Lima hal yang digunakan untuk mengukur sistem transportasi adalah: ketersediaan transportasi, keterjangkauan, efisiensi, kenyamanan dan keberlanjutan.

Berdasarkan hal tersebut, sistem transportasi umum Singapura menduduki peringkat di antara 10 besar dunia. Ini menempati peringkat teratas di bidang keterjangkauan dan penjualan tiket.

Laporan itu mengatakan kenyamanan dan fleksibilitas sistem tiket Singapura, menggunakan kartu EZ-Link, adalah fitur lain yang “luar biasa”.

Selain Singapura, kota-kota Asia lainnya di peringkat 10 angkutan umum termasuk Hong Kong, Seoul dan Beijing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *