Di Chinatown yang ramai dan sibuk, Anda akan menemukan salah satu tempat bersejarah paling berharga di sini, kuil Hindu tertua di Singapura: Sri Mariamman. Kuil ini dibangun untuk pemujaan Dewi Mariamman, diyakini sebagai ‘ibu dewi’ dari India Selatan dan pembawa hujan dan kemakmuran serta dikenal atas kekuatannya untuk menghilangkan penyakit.

Sebuah fakta menarik menyatakan bahwa kuil ini semestinya dibangun di Telok Ayer Street tetapi dianggap tidak sesuai karena pasokan air tawar yang diperlukan untuk ritual tidak tersedia di dekatnya.

Selain tempat beribadah, kuil yang dikenal dengan Mariamman Kovil atau Kling Street Temple ini menjadi tempat yang penting untuk aktivitas masyarakat selama era kolonial dulu. Bahkan, Pendaftaran Pernikahan untuk umat Hindu – pada saat itu – hanya kuil inilah yang diberi wewenang untuk melaksanakan upacara pernikahan Hindu.

Di kuil ini, lihatlah ornamen dan detail yang sangat rumit. ‘Gopuram'(pintu masuk menara agung) yang megah adalah landmark bagi generasi umat Hindu dan masyarakat Singapura. Gopuram diapit oleh gambar-gambar Muruga dan Krishna di kedua sisi. Gopuram terdiri dari enam tingkatan yang dihiasi dengan patung-patung dewa Hindu, binatang mitologis dan mahluk lainnya yang berwarna-warni dan sangat detail.

Di dasar gopuram ada pintu yang terdiri dari sepasang gerbang kayu yang dihiasi dengan lonceng emas kecil. Bangunan ini benar-benar terlihat eksotis, sakral, memukau dan artistik. Karena ini adalah tempat yang religius, jadi berpakaianlah dengan tepat. Mereka menyediakan sarung dan syal di dalam pintu masuk untuk menutupi diri jika Anda bersedia.

Anda juga perlu melepas sepatu saat masuk dan meninggalkannya di rak di luar. Anda tidak perlu khawatir meninggalkan sepatu di luar karena Singapura sangat aman dari pencurian. Anda bisa mengambil foto dengan kamera professional dengan membayar photo pass sebesar SGD 3 kepada penjaga di depan pintu. Namun, tidak dipungut biaya untuk masuk ke kuil yang tenang ini.

Sangat dekat dari Chinatown MRT Station sehingga bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Anda bisa mengunjungi kuil ini saat ada perayaan Fire Walking pada 28 Oktober 2018.

244 South Bridge Road

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *