Untuk pertama kalinya, seniman terkenal asal Belanda, Theo Jansen, menggelar pameran seninya di Asia Tenggara, tepatnya di Singapura. Ia menampilkan koleksi Strandbeests melalui pameran interaktif yang bertajuk Wind Walkers: Theo Jansen’s Strandbeets kepada pengunjung ArtScience Museum.

Strandbeests sendiri merupakan hasil karyanya yang berupa mesin bertenaga angin. Ini merupakan hasil karya perpanduan antara seni, sains, dan pertunjukan. Dalam bahasa Belanda, Strandbeest memiliki arti binatang pantai sehingga karya ini didesain Jansen untuk berkeliling pantai, mendorong dan menumpuk pasir pantai yang nantinya dapat melindungi garis pantai. Selain itu akan ditampilkan pula Animaris Siameses yakni raksasa yang memiliki berat lebih dari 200 kg dengan panjang 72 kaki.

Nantinya, pameran ini akan dibagi menjadi empat bagian yang dimulai dengan memperlihatkan imajinasi sang seniman, asal muasal Strandbeests, teknologi yang digunakan, dan proses pengembangan kreatifnya. Anda juga dapat melihat film, cetakan, sketsa, dan prototipe dengan suasana lingkungan tempat Jansen bekerja yang menganggumkan. Silahkan kunjungi situs web resmi dari pameran ini.

  • 23 Juni-28 September 2018
  • ArtScience Museum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *