Bagi sebagian orang, tampil awet muda menjadi sebuah impian. Apalagi untuk kalangan wanita yang sudah memasuki usia 30-an. Namun, memiliki penampilan awet muda pun juga tidak mudah. Butuh sejumlah perawatan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kami berbincang dengan Dokter Estetika, dr. Sylvia, dari Cutis Medical Laser Clinic mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat kulit yang mengalami penuanaan serta perawatan yang ditawarkan dari Cutis Medical Laser Clinic untuk mendapatkan kembali tampilan awet muda.

Bagaimana proses terjadinya penuaan pada kulit?

Saat umur bertambah, terjadi penipisan kulit dan akan mempengaruhi tiga lapisan kulit yang berbeda, yaitu lapisan epidermis, dermis, dan subcutaneous underneath. Lapisan dermis menjadi tempat penyimpanan kolagen dan elastin. Kolagen bertanggung jawab atas kelembapan kulit, sedangkan elastin untuk elastisitas kulit. Saat penuaan terjadi, fungsi keduanya pun akan menurun dan kulit kita akan menjadi longgar. Bahkan, lapisan subkutan juga akan mulai kehilangan volumenya dan mengakibatkan kulit longgar berlebih.

Pada usia berapa Anda merekomendasikan wanita untuk mulai mendapatkan perawatan anti penuaan profesional agar mencegah penuaan dan apa saja perawatannya?

Tidak ada spesifikasi umur. Setiap wanita membutuhkan rencana perawatan khusus yang berfokus pada tujuan dan masalah kulitnya secara spesifik. Perawatan seperti filler dermal dan botox bisa menjadi pilihan. Namun, untuk masing-masing usia tentu penggunaan perawatan ini akan berbeda. Dermal filler  pada perempuan di usia 20-an dan 30-an akan digunakan untuk membentuk kontur wajah. Sedangkan untuk wanita di usia 40-an dan 50-an, filler digunakan untuk mengembalikan volume wajah yang hilang. Di sisi lain, botox digunakan untuk indikasi kosmetik dan medis, misalnya saat keriput muncul.

Apa sebenarnya dermal filler dan botox dan apakah keduanya dapat digunakan untuk semua orang?

Botox sebenarnya merupakan nama merek untuk Botulinum toxin, protein yang sangat murni yang disuntikkan dalam dosis kecil untuk mengurangi atau menghilangkan kerutan. Botox bekerja untuk memblokir sementara sinyal dari saraf ke otot sehingga kerutan yang terbentuk oleh kontraksi otot menjadi lemas dan lembut. Botox bekerja paling baik untuk individu yang memiliki garis yang terbentuk karena kontraksi otot, seperti garis kerutan atau “angry 11s”, garis dahi horizontal dan garis senyum. Botox juga digunakan untuk mengangkat alis, untuk mengoreksi garis di sekitar bibir dan leher. Di Singapura, umumnya botox digunakan untuk “melangsingkan” wajah ketika disuntikkan ke otot yang kita gunakan untuk mengunyah sepanjang sudut dari rahang.

Dermal filler adalah gel suntik yang aman dan dapat mengembalikan keremajaan dan elastisitas kulit. Kebanyakan Dermal filler yang kami gunakan di klinik kami terdiri dari asam hyaluronic, mirip dengan molekul penghidrasi yang ada pada kulit kita dan hilang pada saat seseorang mengalami penuaan.

Cutis Medical Laser Clinic terletak di pusat Singapura, di Pacific Plaza (Orchard)

Apa rutinitas kecantikan harian untuk wanita yang Anda rekomendasikan untuk dilakukan di rumah agar membantu kulit tetap dan terlihat muda lebih lama?

Saya merekomendasikan untuk menggunakan serum Vitamin C topikal yang efektif sebagai asam L-Askorbat (satu-satunya bentuk Vitamin C yang dapat diserap oleh kulit) yang penting dalam pembentukan kolagen dan Vitamin A topikal (biasanya hanya resep) yang didukung oleh studi klinis untuk mengembalikan kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan pergantian kulit yang berarti membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati lebih cepat sehingga tidak menyumbat pori-pori.Selain itu, selalu gunakan tabir surya yang tahan air, memiliki SPF 30 atau lebih, dan menawarkan cakupan luas, yang berarti melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Setidaknya oleskan tabir surya 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Perawatan untuk wanita apa yang populer di klinik Anda?

Botox dan Dermal Fillers serta Ultherapy yang merupakan pembersihan dan pengencangan kulit yang sesuai dengan standar FDA AS. Dan tentu saja, perawatan yang sangat populer di klinik kami adalah semua perawatan yang berkaitan dengan pembentukan tubuh seperti CoolSculpting, Z Lipo, atau Vanquish.

Apakah Anda memiliki klien pria? Jika iya, perawatan apa saja yang mereka lakukan?

Di klinik kami, sebagian besar pasien pria kami memilih suntikan karena dapat dengan mudah disesuaikan untuk menghilangkan keriput, lipatan dan dengan lembut mengangkat wajah tengah dan bawah mereka sehingga terlihat lebih halus dan awet muda. Untuk kontur tubuh menggunakan prosedur Cryolipolysis seperti CoolSculpting atau Z Lipo yang juga populer pada pasien pria kami. Cryolipolysis membantu pria mengurangi “ban cadangan” yang keras dan bahkan timbunan lemak berlebihan di dada yang sulit ditangani dengan diet dan olahraga saja.

Cutis Medical Laser Clinic

Perawatan inovatif apa yang ditawarkan oleh klinik Anda dan apa kegunaanya?

Kami lebih fokus pada bukti dari perawatan yang sesuai dengan standar FDA daripada menawarkan pasien kami mode terbaru yang mungkin belum dievaluasi pada profil efektivitas dan keamanan mereka. Namun, Selain Botox dan Dermal Fillers, kami juga memiliki perawatan anti penuaan dan peremajaan kulit andalan kami, seperti Dr. Perfect V-Line Thread Lift, Ultherapy dan Limelight. Sedangkan untuk perangkat pembentuk dan kontur tubuh non-bedah, produk andalan kami adalah Exilis Ultra, Acoustic Shockwave, Vanquish dan Cryolipolysis (CoolSculpting dan Z Lipo).

  • Dr. Perfect V-Line memberikan manfaat face lifting tanpa bedah dan tanpa downtime apa pun. Dr. Perfect V-Line menggunakan benang polydioxanone (PDO) yang dapat diserap yang ditandai dengan CE, pembersih KFDA dan Singapore HSA untuk mengangkat kulit kendur.
  • Ultherapy memiliki kegunaan yang sama dengan Dr. Perfect V-Line, tetapi Ultherapy menggunakan energi ultrasound terfokus yang aman, menembus jauh ke dalam kulit, dan melompat memulai proses alami, yang dikenal sebagai neocollagenesis, untuk menghasilkan kolagen baru yang segar, menghasilkan peningkatan jaringan yang signifikan secara klinis selama 2-3 bulan.
  • Limelight merupakan perawatan ringan non-invasif yang mengatasi masalah tepat di permukaan kulit, seperti kemerahan, pigmenasi dan kerusakan akibat sinar matahari. LimeLight bekerja dengan mengirimkan cahaya pada kulit yang menarik keluar bintik-bintik coklat yang akan membuat kulit keropeng setelah 3-5 hari. Hasilnya, kulit lebih jernih dan cerah bebas dari bintik-bintik coklat atau pigmentasi.
  • Exilis Ultra satu-satunya perawatan wajah dan tubuh yang dibersihkan FDA yang secara bersamaan menggabungkan frekuensi radio dan energi ultrasound untuk mengencangkan kulit dan kontur tubuh yang kendur sehingga kulit lebih kencang dan terlihat awet muda.
  • Acoustic Shockwave memanfaatkan energi dari getaran dan tekanan yang ditargetkan untuk mengurangi penumpukan jaringan di bawah kulit sehingga mengurangi selulit dan stretch mark yang signifikan.
  • Vanquish ME adalah pengobatan untuk mengurangi lemak “tanpa kontak” menggunakan Selective RF, teknologi FDA-cleared yang menyediakan energi panas frekuensi radio maksimum untuk diakumulasikan hanya di lapisan lemak tanpa mempengaruhi otot atau kulit. Setelah dipanaskan, sel-sel lemak mati dan dikeluarkan dari tubuh melalui sistem limfatik. Vanquish dapat mengobati seluruh perut dalam satu sesi dan tidak memerlukan waktu istirahat dan tidak memiliki batasan pada BMI.
  • Cryolipolysis cara kerjanya hampir sama dengan Vanquish untuk menghilangkan sel-sel lemak dari tubuh, tetapi Cryolipolysis menggunakan suhu dingin (beku). Z Lipo dan CoolSculpting adalah dua prosedur pembekuan lemak yang terkenal dan terbukti. Prosedur pembekuan lemak ini menggunakan aplikator penyedot yang memberikan pendinginan terkendali yang aman untuk membidik kantong-kantong lemak di bawah kulit dan membekukannya sampai mati. Sama seperti dengan Vanquish, sel-sel lemak mati dikeluarkan melalui tubuh.

Jika Anda ingin melakukan perawatan di Cutis Medical Laser Clinic, Anda dapat menghubungi nomor +65 6653 2660 atau melalui email di cutis@cutislaserclinic.com. Saatnya tampil cantik dan tampan kembali!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *