Beberapa tahun belakangan ini, para warga dan wisatawan yang berlibur ke Singapura tidak hanya sibuk mendatangi tempat wisata yang memiliki atraksi saja. Galeri seni dan museum juga ikut ramai dikunjungi, sebut saja ArtScience Museum dan National Gallery Singapura. Maka tidak mengherankan jika feed Instagram Anda kini dipenuhi dengan foto-foto yang menggunakan kedua tempat tersebut sebagai latarnya. Nyatanya, masih banyak tempat serupa di Singapura yang jarang dijamak oleh kebanyakan orang. Intip lima tempat berikut ini yang dapat menjadikan Anda sebagai orang pertama di antara teman Anda yang berkunjung ke tempat ini!

The Heritage Shop

Masih di dekat kawasan Kampong Glam, The Heritage Shop menawarkan barang-barang antik khas Singapura. Mulai dari pernak-pernik kecil, kotak makan siang peranakan yang bonafide hingga teko Inggris. Bahkan, tempat ini juga menjual barang jadul dengan harga S$8000! Jika Anda penasaran dengan cerita dibalik koleksi yang ada di sana, Mr. Phoa, sang pemilik dari toko ini akan dengan senang hati berbagi pengetahuannya kepada Anda. Di sini lah tempat untuk menambah wawasan Anda akan barang-barang berharga dari orang-orang Singapura yang eksis pada belasan abad lalu.

93 Jalan Sultan; 13.30-20.00 setiap hari.

Our Gallery at Taman Jurong

Karena lokasinya yang terletak cukup jauh di ujung barat Singapura, galeri ini menjadi tempat yang tidak diketahui oleh banyak orang. Our Gallery di Taman Jurong merupakan sebuah proyek yang dipimpin penduduk setempat untuk yang mendorong masyarakat bekerja sama dengan para seniman. Semua orang dapat berkontribusi untuk memamerkan karyanya di sini, mulai dari balita hingga orang tua. Partisipasi masyarakat di Taman Jurong semakin menunjukan bahwa Anda tidak perlu menjadi seorang Picasso untuk menciptakan karya seni yang hebat. – Unduh panduan di sini.

1 Yung Sheng Road, Taman Jurong Community Club

Tempat Nonwisata Yang Menarik Di Singapura
Sumber foto: Alex “Khaki” Vance

Bukit Brown Cemetery

Mungkin terlihat menyeramkan jika berkunjung ke tempat pemakaman untuk menambah wawasan akan seni, budaya, dan sejarah. Namun jangan khawatir, Bukit Brown Cemetery bukan hanya tempat pemakaman biasa. Sebagai tempat pemakaman Cina terbesar se-Asia Tenggara, Anda akan menemukan sejarah dan budaya seperti tulisan suci penjaga Sikh Cina yang mencerminkan keberagaman Singapura beberapa dekade lalu. Jika berminat, daftarkan diri Anda dengan tur pada akhir pekan pertama di setiap bulan yang dilengkapi dengan pemandu perjalanan. Mereka akan berbagi cerita mengenai penduduk Bukit Brown, warisan, dan berbagai macam sejarah tempat ini. – Kunjungi peatix.com untuk mendapatkan titik pertemuan.

36C Lorong Halwa; 05.00-18.00 setiap hari.

Tempat Nonwisata Yang Menarik Di Singapura
Bukit Brown Cemetery. Sumber foto: Jnzl’s Photos

The Cathay Gallery

Para penggemar film retro dan film lama pasti akan menyukai tempat ini. The Cathay Gallery merupakan museum layar perak kecil yang terletak di bangunan bertingkat tinggi pertama Singapura, The Cathay. Anda dapat melihat koleksi memorabilia film dan juga belajar tentang asal mula keluarga Loke yang memberikan kontribusinya terhadap produksi film Singapura. Galeri ini menjadi tempat kenangan budaya film Singapura sebelum tergerus dengan budaya film Hollywood.

2 Handy Rd, The Cathay #02-16; 11.00-19.00 setiap hari. Hari Jumat tutup.

Tempat Nonwisata Yang Menarik Di Singapura
Sumber foto: Jnzl’s Photos

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *