Singapura merupakan salah satu destinasi di Asia Tenggara yang ramah-anak dan cocok untuk wisata keluarga. Negaranya aman, memiliki infrastruktur yang baik, serta transportasi publik yang mudah. Walau sudah tertata dengan baik, tetap saja berpergian bersama balita masih agak menantang. Salah satu triknya, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang disukai si kecil dan mudah untuk dinikmati. Berikut ini beberapa tempat yang Anda bisa kunjungi bersama si kecil.

Gardens By The Bay

Tempat ini cukup terkenal dan menjadi ikon Singapura selain Patung Merlion. Garden By The Bay merupakan taman seluas 101 hektar dan terbagi menjadi 3 yaitu Bay South Garden, Bay East Garden dan Bay Central Garden. Bagian Garden By The Bay yang terluas adalah Bay South Garden. Disini Anda dan balita bisa melihat Flower Dome yang merupakan rumah kaca terbesar di dunia.

Gardens By The Bay

Selain itu, ada Cloud Forest yang memiliki lebih dari 60.000 tanaman daratan tinggi dengan suhu ruangan yang sama di daratan tinggi. Anda akan dikenakan biaya sebesar $33.00 (dewasa) dan $20.00 (anak-anak) untuk masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest. Anak anda akan senang kesini karena suhunya tidak panas dan bisa melihat banyak jenis tumbuhan. Disini juga terdapat Children Garden, OCBC Skyway, Super Tree Grove, dan masih banyak lagi yang bisa dinikmati Anda dan si kecil secara gratis.

18 Marina Gardens

HOW TO GET THERE: Anda bisa naik MRT dan turun di Bayfront Station

Singapore Zoo

Seperti namanya, tempat ini merupakan taman margasatwa seluas 26 hektar yang dihuni oleh lebih dari 300 lebih spesies mamalian, burung, dan reptil. Selain menyuguhkan berbagai jenis fauna dan menampilkan beberapa pertunjukan, tempat ini memiliki spot untuk anak-anak. Tempat ini akan disenangi anak-anak karena Singapore Zoo memiliki Kidzranger Tour, dimana Si Kecil bisa mencoba menjadi penjaga kebun binatang dan melakukan aktivitas seperti memberi makan dan menyisir bulu kelinci dan kuda kecil.

Memberi makan jerapah di Singapore Zoo

Selain itu, Singapore Zoo juga punya Rainforest Kidzworld, dimana Si Kecil bisa memberi makan domba atau naik kuda poni. Ada arena air yang bisa dinikmati dan setelahnya, Anda bisa mengajak Si Kecil ke Pet’s Corner untuk menengok hewan-hewan yang mungil. Disini Anda dan anak bisa bermain sambil belajar! Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar S$35 (Dewasa) dan S$23 (Anak-anak). Biasanya terdapat paket harga lain yang lebih murah untuk mengunjungi wahana lainnya, seperti River Safari, Night Safari, atau Jurong Bird Park. Singapore Zoo buka setiap hari, dari 8.30 hingga 18.00.

Kidzworld di Singapore Zoo

80 Mandai Lake Road

HOW TO GET THERE: Anda bisa naik MRT dan turun di Marsiling Station. Kemudian, dari sana keluar dan naik bus dari Opp Marsiling Stn menuju Singapore Zoo.

Vivo City Playground

Playground ini terletak di Mal Vivo City Harbour Front lantai 2. Playground ini sama seperti taman bermain pada umumnya, ada perosotan, trampolin, ayunan, semprotan air, dan lainnya. Anda akan sangat aman membawa balita kesini karena arena bermain dilapisi karet tebal sehingga Anak tidak akan sakit jika terjatuh. Playground ini memiliki ruangan outdoor dan indoor.

Indoor Playground

Anda bisa menyiapkan baju ganti dan handuk untuk Si Kecil karena terdapat beberapa arena main air. Selain itu, terdapat Paddle Boat untuk anak usia 3 tahun keatas dan Mini Express Train untuk anak-anak balita. Karena tempatnya berada di dalam Mal, Anda dengan mudah bisa makan siang atau pergi berbelanja sambil menemani Si Kecil bermain. Playground ini gratis tidak dipungut biaya, kecuali untuk wahana ekstra. Mal ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 malam.

Outdoor Playground

Vivo City Mall, 1 HarbourFront Walk

HOW TO GET THERE: Anda bisa naik MRT dan turun di HarbourFront Station.

Tips

Pastikan Anda membawa stroller untuk memudahkan Anda membawa Si Kecil saat jalan-jalan. Anak Anda bisa santai duduk manis di stroller tanpa harus berada dalam gendongan sepanjang hari. Jika Si Kecil lelah dan sudah mengantuk, ia pun bisa sambil tidur. Apabila Anak tidak ingin duduk di stroller, stroller Anda bisa berubah fungsi jadi trolley barang. Untuk naik MRT, sudah lumrah untuk Ibu yang membawa stroller. Stasiun-stasiun di Singapura juga wheelchair-friendly. Jangan lupa membawa persediaan air minum dan jangan susun jadwal terlalu padat agar bisa lebih fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *